Selasa, 18 September 2012

REVIEW MOBCOMP (Part 1)


OOP
----------------------------------------------------------------

Pemrograman Berbasis Object (Object Oriented Programming atau OOP) memodelkan dunia nyata ke dalam objek dan melakukan interaksi antar objek-objek tersebut, dengan mengenali ciri, kelas dan elemen / atribut yang dimiliki maka objek akan dikenali. OOP merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek.
Konsep dasar dari Pemrograman Berorientasi Objek adalah sebagai berikut :
-Kelas 
-Objek 
-Abstraksi 
-Enkapsulasi 
-Polimorfisme 

Menganalisa Program Sederhana
----------------------------------------------------------------

public class Hello
{
public static void main(String[] args) {
System.out.println("Hello world!");
}
}

Baris pertama kode adalah :

public class Hello 

menandakan nama classnya yaitu Hello. Dalam OOP, semua kode ditempatkan dalam deklarasi class. Biasanya, class menggunakan acess specifier atau level akses misalkan public, yang mengindikasikan bhawa class tersebut mempunyai akses bebas ke class yang lain dari package yang lain pula.
Baris berikutnya yaitu adanya kurung kurawal { menandakan awal blok program. bentuk tulisannya adalah sebagai berikut

public static void main(String[] args) {

penulisan itu menandakan nama suatu method dalam class Hello yang digunakan sebagai method utama; yaitu titik awal dari suatu program yang berorientasi objek.

System.out.println("Hello world!"); 

yang berfungsi untuk menampilkan teks “Hello World!” pada layar. Perintah System.out.println() inilah yang menampilkan teks yang ada di dalam tanda petik ("").
Dua baris terakhir yaitu dua kurung kurawal digunakan untuk menutup method utama dan masing-masing class secara berurutan.


PEWARISAN
--------------------------------------------------------
Dalam pewarisan, suatu method didefinisikan dalam superclass dapat secara otomatis diwariskan dari semua subclasses.
Mendefinisikan Superclass dan Subclass
Untuk memperoleh suatu class, kita menggunakan kata kunci extend. Dimisalkan kita mempunyai class induk yaitu Person.
public class Person
{
  protected String  name;
  protected String address;
  
 
  public Person(){
    System.out.println(“Inside Person:Constructor”);
    name = "";
    address = "";    
  }  
Atribut name dan address dideklarasikan sebagai protected, karena kita menginginkan atribut-atribut ini untuk bisa diakses oleh subclass dari superclass. Jika kita menggunakan private, subclasses tidak dapat menggunakannya.
Note : semua properti dari superclass yang dideklarasikan sebagai public, protected dan default dapat diakses oleh subclassnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar