Jumat, 14 September 2012

PEMUGARAN CITRA


Pengolahan Citra / Image Processing :
Ø  Salah satu cabang dari ilmu informatika.
Ø  Cara untuk melakukan transformasi suatu citra/gambar menjadi citra lain dengan menggunakan teknik tertentu.
Ø  Proses memperbaiki kualitas citra agar mudah diinterpretasi oleh manusia atau komputer
Ø  Pengolahan citra merupakan proses awal (preprocessing) dari komputer visi.

Operasi-operasi yang dilakukan di dalam pengolahan citra banyak ragamnya. Namun, secara umum, operasi pengolahan citra dapat diklasifikasikan dalam salah satunya sebagai berikut :

PEMUGARAN CITRA (Image Restoration)
Pemugaran citra merupakan proses merekonstruksi atau mendapatkan kembali citra asli dari sebuah citra yang cacat atau terdegradasi agar dapat menyerupai citra aslinya. Pemugaran citra berkaitan dengan penghilang atau pengurangan degradasi pada citra yang terjadi karena proses akusisi. Citra degradasi yang dimaksud termasuk derau (yang merupakan error dalam nilai piksel) atau efek optik misalnya blur (citra kabur) akibat kamera yang tidak fokus atau karena gerakan kamera (Marvin, 2005).


Tujuan dari Pemugaran Citra yaitu menghilangkan / meminimumkan cacat pada citra. Tujuan pemugaran citra hampir sama dengan operasi perbaikkan citra hanya perbedaannya dengan perbaikan citra : penyebab degradasi citra diketahui.
Operasi pemugaran citra :
• Penghilangan kesamaran (deblurring)
• Penghilangan derau (noise)

CONTOH
Gambar ini adalah contoh operasi penghilangan kesamaran. Citra masukan adalah citra yang tampak kabur (blur). Kekaburan gambar mungkin disebabkan pengaturan fokus lensa yang tidak tepat atau kamera bergoyang pada pengambilan gambar. Melalui operasi deblurring, kualitas citra masukan dapat diperbaiki sehingga tampak lebih baik.
a) Citra Lensa yang kabur (blur)
b) Citra Lensa setelah deblurring

CONTOH
Gambar ini adalah contoh operasi penghilangan derau/noise. Noise yang biasanya terlihat titik-titik hitam dan putih pada citra yang disebabkan karena terjadinya error bit dalam pengiriman data, piksel-piksel yang
tidak berfungsi maupun kerusakan pada lokasi memori. Oleh karena itu, diperlukan suatu proses noise filtering untuk mengurangi noise yang terdapat padanya, sehingga gambar yang dihasilkan dapat lebih baik.
    a)                                                                             b)

a) Citra Lensa yang buram (noise)
b) Citra Lensa setelah penghilangan noise

Tidak ada komentar:

Posting Komentar